Menjadi Coder Harus Jago Matematika Kata Siapa

Menjadi Coder Harus Jago Matematika Kata Siapa

Banyak yang beranggapan belajar kode tak ubahnya seperti belajar matematika, rumit karena melibatkan deretan angka dan kode yang cukup membuat kepala pusing. Benar, tapi tidak sepenuhnya tepat. Belajar kode memang sedikit rumit, karena membutuhkan ketelitian. Untuk bisa memahami dan memperoleh hasil, kamu harus banyak Googling, memainkan logika berpikir, juga melakukan trial and error. Memang dibutuhkan keterampilan dalam matematika, namun kamu tak harus jago atau ahli di bidang itu, karena belajar kode hanya membutuhkan kemampuan aritmatika level menengah bahkan dasar.

Belajar apapun membutuhkan passion, demikian pula dengan belajar kode. Jika belajar kode tidak sesuai dengan nalurimu, sebaiknya tidak perlu kamu lakukan, karena hanya akan sia-sia. Kamu tidak akan menemukan kepuasan dan merasakan nikmatnya mengotak-atik suatu kode penuh rahasia yang menarik untuk dipecahkan.

Pilihan belajar dan karir bersifat subjektif. Artinya hanya bisa diputuskan oleh orang yang akan menjalankannya. Keputusan belajar dan berkarir yang tidak tepat tidak akan membawa kebahagiaan. Misalnya saja kamu terpaksa menjadi seorang programmer, meski pendapatan yang kamu peroleh cukup besar namun kamu tidak akan merasakan kebahagiaan. Jika kamu memang tertarik untuk belajar kode, sebaiknya itu memang passion kamu. Jangan sampai kamu belajar kode untuk alasan yang membuatmu terpaksa melakukannya.

Namun ada satu anggapan yang salah tentang belajar kode. Parahnya, tak sedikit yang mempercayai anggapan tersebut. Belajar kode harus jago matematika. Jika kamu pernah mendengar hal itu, jangan percaya. Jika kamu mau tahu, coding justru tidak terlalu berhubungan dengan matematika. Bahkan, keduanya merupakan bidang yang berbeda. Jadi, jika kamu memiliki passion untuk belajar kode tetapi tidak jago matematika, tak perlu ragu untuk mempelajarinya.

Tahukah kamu bahwa seorang coder andal yang menduduki jabatan strategis di instansi besar tidak semuanya jago matematika, bahkan kebanyakan membenci bidang studi itu. Jadi, tidak ada korelasi antara belajar kode dengan jago matematika. Jika kamu mau tahu, sebenarnya menjadi coder andal tidaklah sulit, hanya perlu banyak Googling untuk memperoleh beragam informasi dan referensi.

Dengan mempelajari Google, kamu akan tahu tentang banyak hal. Jika kamu memahami banyak hal yang berkaitan dengan kode misalnya tentang HTML, maka kamu akan lebih mudah menguasainya.

Untuk memperoleh pengalaman, kamu bisa mempelajari kode secara otodidak. Selain bisa memahami, kamu akan memperoleh petualangan tersendiri dalam belajar kode. Pada awalnya, kamu memang perlu menghafal beberapa kosep dasar, seperti cara internet bekerja, apa itu kode, apa itu FTP, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengetahui semua itu dengan Googling dan melakukan trial and error.

Bicara tentang program, untuk mengetahui apa yang akan dikatakan oleh program, kamu membutuhkan beberapa keterampilan logika dasar. Kamu harus terampil dalam copy paste segala sesuatu dari tempat penyimpanan online. Nah, untuk keterampilan ini, orang yang berpengalaman menulis lebih berbakat ketimbang orang yang jago matematika.

Perlu diketahui bahwa dalam banyak kasus, matematika yang sulit seperti fisika dan geometri dapat dipecahkan oleh komputer, di mana kalkulasi dilakukan oleh program, yang bahkan programmer pun tidak perlu tahu bagaimana cara program melakukannya. Berkaitan dengan program, keterampilan dalam matematika lebih dibutuhkan oleh para programmer video game ketimbang desainer web. Selain itu, keterampilan matematika juga dibutuhkan dalam pengkodean entry level, terutama pada bagian teori Pythagoras.

Jadi, lagi-lagi jika kamu begitu tertarik untuk belajar kode program tetapi tak mahir dalam matematika, tak perlu khawatir karena kesuksesan kamu tidak ditentukan oleh jago tidaknya keterampilan matematikamu. Tetap semangat, lakukan yang terbaik, dan pupuk kesabaran jika komputer tidak menuruti apa yang kamu perintahkan.

Tidak peduli bagaimana proses kehidupan seseorang penting atau menarik, biografi yang ditulis dengan buruk akan membuatnya tampak seperti kepribadian buruk. Di sisi lain, penulis biografi yang baik dapat menarik wawasan dari yang biasa hidup karena mereka mengakui bahwa bahkan kehidupan yang paling menarik adalah kehidupan yang biasa! Biografi tidak seharusnya menjadi kumpulan fakta dirakit secara kronologis, itu interpretasi penulis biografi tentang bagaimana proses kehidupan itu berbeda dan penting.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar